Cara Menghadapi Anak yang Pilih-pilih Makanan
September 24, 2020 Oleh Admin 0

Cara Menghadapi Anak yang Pilih-pilih Makanan

Mengatasi anak picky eater atau pilih-pilih makan memang tidak mudah. Anda para ibu perlu usaha lebih agar anak kembali mau menerima setiap makanan. Nah, pada artikel ini kami sudah rangkum cara menghadapi anak yang pilih-pilih makanan dan Anda para ibu perlu menerapkannya!

Memperkenalkan Satu Jenis Makanan Baru Secara Bertahap

Jika ingin anak mencoba makanan baru, maka Anda bisa kenalkan dengan makanan yang sudah dikenal anak sebelumnya. Lalu, sajikan dalam porsi kecil terlebih dahulu, baru bertahap ke porsi yang lebih besar.

Buat Makanan yang Lebih Bergizi

Perbaiki kandungan gizi pada makanan yang disukai oleh anak. Misalnya, jika anak menyukai pasta atau pizza, Anda bisa coba sajikan secara variatif dan tambahkan sayuran. Anda bisa menambahkan beberapa potong tomat atau keju pada sandwich, buah pada sereal atau sayuran pada pasta agar bisa meningkatkan kadar gizi pada makanan tersebut.

Jangan Memberikan Imbalan

Berikan pengertian tentang pentingnya makan makanan yang sehat. Jangan berikan makanan manis atau gorengan sebagai imbalan supaya anak mau makan.

Beri Contoh yang Baik

Anda para orang tua harus menunjukkan wajah yang antusias saat makan makanan sehat. Ketika Anda makan bersama anak, maka sebaiknya Anda tidak membicarakan kalau Anda tidak suka makanan tertentu.

Buat Waktu Makan Menyenangkan

Hindari sambil menonton televisi dan hal lainnya yang bisa mengalihkan perhatian anak karena cenderung dapat membuat mereka menjadi makan berlebihan atau kurang tertarik pada makanan. Anda bisa mengajak anak bicara mengenai kegiatannya dan saling berbagi pengalaman supaya perhatian anak tertuju pada makanan.

Tetap Positif

Ada beberapa anak yang mempunyai asosiasi negatif terhadap makanan tertentu. Coba sajikan bentuk dan tekstur yang berbeda untuk mengubah asosiasi tersebut agar menjadi lebih positif. Seperti, ada makanan yang mengingatkan anak pada makanan rumah sakit atau hotel dan mereka pun akan menolaknya.

Libatkan Anak

Anda juga bisa mengajak anak berbelanja makanan ketika ke supermarket atau biarkan anak memilih menu sendiri untuk satu hari dalam seminggu. Hal ini tidak hanya mengajarkan anak mengambil keputusan, tetapi juga meningkatkan keterlibatan anak ketika mempersiapkan makanan. Biarkan anak mengatur meja makan dan membantu Anda membersihkannya.

Membuat Jadwal

Sajikan makanan pada jam dan interval waktu yang sama. Jika memungkinkan, cegah anak makan di luar jadwal. Ajak anak untuk mengatur jadwal makan.

Menyemangati Anak Selama Masa Pertumbuhan

Semangati anak untuk selalu bisa menghargai dirinya sendiri, jangan pernah Anda memberikan kritik terhadap bentuk tubuh sang anak.

Tetap Membuka Mata dan Bersikap Tenang

Jika Anda memperhatikan anak tetap kurus, ajak diskusi bahayanya gangguan pola makan jika masalah ini menetap konsultasikan dengan dokter.

Menghadapi anak yang pilih-pilih makanan memang perlu kesabaran. Yang pasti, tetap perhatikan asupan gizinya agar bisa mendukung pertumbuhan yang optimal.