Cara melatih mental agar anak berani
September 24, 2020 Oleh Admin 0

3 Cara Melatih Mental Anak agar Berani dan Percaya Diri

Cara melatih mental anak agar berani dalam bertindak dan bertanggung jawab merupakan harapan dan salah satu tanggung jawab seorang orangtua. Itulah mengapa anak-anak perlu untuk dilatih menjadi lebih pemberani, percaya diri. Kira-kira apa sajakah cara yang dapat dilakukan orangtua untuk melatih anak-anaknya. Bagaimana cara agar anak menjadi pemberani dan percaya diri? Simak penjelasan berikut di bawah ini;

1. Memberikan Anak Mencoba Hal Baru  

Anak-anak yang pemberani adalah anak yang tidak takut mencoba hal-hal baru. Tentunya dengan membiasakannya sejak dini. Orangtua dapat memberikan Si Kecil rasa aman terhadap lingkungannya. Biarkan Si Kecil mengenal lingkungan sekitarnya dengan baik.

Jika masih takut, dampingilah untuk sementara waktu dan berikan contoh melakukan berbagai hal dengan cara yang menyenangkan. Berikan dukungan dan semangat kepadanya agar ia merasa yakin dan mampu melakukan berbagai hal. Lambat laun Si Kecil akan merasa nyaman dan lebih berani.

2. Memberikan Kepercayaan pada Anak

Kepercayaan dalam hal ini merujuk kepada bagaimana Si Kecil dipercaya untuk melakukan berbagai hal sendiri. Ini hanya akan terjadi bila kita memberanikan diri untuk memberinya kepercayaan untuk melakukan hal-hal yang belum tentu bisa melakukannya namun-ini yang penting-ia ingin mencobanya.

Selama itu tidak membahayakannya, berilah kepercayaan dan izinkan lah ia melakukannya. Jadi, mulai lah dengan memberikan kepercayaan untuk melakukan hal hal yang dapat dilakukannya, kemudian beranjak kepada hal-hal yang belum pernah dilakukannya.

3. Memberikan Latihan Anak Berpikir Kritis

Moms dapat melatih Si Kecil menjadi pemberani dengan memberikannya banyak latihan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dan dapat mempertimbangkan mana hal yang harus ditakutinya dan mana yang tidak. Si Kecil dapat menilai bahwa hal ini tidak perlu ditakuti dan ia harus menjadi pemberani.

Latihan untuk dapat berpikir kritis ini dapat diberikan dengan mengikutkan Si Kecil pada latihan-latihan bela diri ataupun latihan ekstra di luar rumah lainnya. Untuk itulah setiap orangtua diharapkan memberikan waktu khusus untuk mengarahkan Si Kecil memiliki kemampuan pikir yang lebih baik.

4. Memberikan sebuah tantangan dan pujian

Sebagai orang tua tentunya Anda ingin selalu melindungi si kecil. Tapi jika ini dilakukan secara berlebihan maka akan membuat anak menjadi manja. Untuk itulah sesekali berikan dia tantangan yang sesuai dengan usianya.

Misalnya saja Anda dapat menyuruhnya untuk pergi ke warung sendiri. tapi tetap pastikan bahwa si kecil aman sampai pulang. Setelah sampai rumah, berikan pujian. Ini sebagai tanda bahwa Anda menghargai keberaniannya.

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai bagaimana cara melatih mental anak agar jadi pemberani dan lebih percaya diri. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat khususnya para orang tua.